KECEMASAN MENGHADAPI DUNIA KERJA DITINJAU DARI KECERDASAN ADVERSITAS DAN EFIKASI DIRI PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR

  • Devy Sofyanty Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta
  • Vera Agustina Yanti Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta
  • Danny Ong Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta
  • Suwantica Kusumandari kus@gmail.com
Keywords: Kecerdasan Adversitas, Efikasi Diri, Kecemasan Menghadapi Dunia Kerja.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis secara empiris pengaruh kecerdasan adversitas dan efikasi diri secara parsial maupun simultan terhadap kecemasan menghadapi dunia kerja. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, wawancara dan observasi. Teknik pegambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda yang diolah menggunakan software Statistitical Package for the Social Sciences (SPSS). Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh negatif dan signifikan antara kecerdasan adversitas dengan kecemasan menghadapi dunia kerja, terdapat pengaruh negatif dan signifikan antara efikasi diri dengan kecemasan menghadapi dunia kerja dan terdapat pengaruh negatif dan signifikan antara kecerdasan adversitas dan efikasi diri secara bersama-sama dengan kecemasan menghadapi dunia kerja. Maka, disimpulkan jika terdapat pengaruh yang signifikan antar kecerdasan adversitas dan efikasi diri dengan kecemasan menghadapi dunia kerja pada mahasiswa tingkat akhir, yang artinya semakin tinggi kecerdasan adversitas dan efikasi diri yang dimiliki mahasiswa maka akan semakin rendah pula kecemasan menghadapi dunia kerja pada mahasiswa.

References

Akhnaf, A. F., Putri, R. P., Vaca, A., Hidayat, N. P., Az-Zahra, R. I., & Rusdi, A. (2022). Self Awareness dan Kecemasan pada Mahasiswa Tingkat Akhir. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni, 6(1), 107-118.

Aryani, K. D., Wicaksono, B., & Satwika, P. A. (2017). Hubungan antara kecerdasan adversitas dan efikasi diri dengan kematangan karir pada mahasiswa tingkat akhir di Universitas Sebelas Maret. Wacana, 9(2).

Helmi, A. F., Husna, A. N., Budiarto, Y., Permana, M. Z., Reginasari, A., Herdiyanto, Y. K., Rembulan, C. L., Vembriati, N., & Renanita, T. (2020). Psikologi untuk Indonesia: Isu-isu Terkini Relasi Sosial dari Intrapersonal hingga Interorganisasi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Ismail, L., Sridewi, S., & Aminah, A. (2023). Pengaruh Dukungan Sosial dan Self-Efficacy Terhadap Kecemasan Dunia Kerja Bagi Mahasiswa Pendidikan Tingkat Akhir. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, 17(3), 1849-1860.

Mahtumi, I., Purnamaningsih, I. R., & Purbangkara, T. (2022). Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Bases Learning). Uwais Inspirasi Indonesia.

Nurachmawati, A., Sariwulan, T., & Parimita, W. (2023). Pengaruh Adversity Quotient dan Konsep Diri Terhadap Kecemasan Menghadapi Dunia Kerja pada Mahasiswa Semester Akhir Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Seroja: Jurnal Pendidikan, 2(3), 262-274.

Mangunhardjana, A. M. (2021). Kiat Menjadi SDM Unggul. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Putri, U. N. H., Nuraini, Sari, A., & Mawaadah, S. (2022). Modul Kesehatan Mental. Azka Pustaka.

Saifuddin, A. (2022). Psikologi Umum Dasar. Jakarta: Kencana.

Suciono, W. (2021). Berpikir Kritis (Tinjauan Melalui Kemandirian Belajar, Kemampuan Akademik dan Efikasi Diri). Adab.

Syarifah, A., & Juwita, A. (2020). Mengatasi Kecemasan dengan Terapi Hipnotis Lima Jari. NEM.

Tias, W. C., Ratnaningtyas, A., & Prastyani, D. (2023). Kecemasan Dalam Menghadapi Dunia Kerja Era Society 5.0 Ditinjau Dari Self-Efficacy (Studi pada Mahasiswa Tingkat Akhir Di Provinsi Banten). Empowerment Jurnal Mahasiswa Psikologi Universitas Buana Perjuangan Karawang, 3(1), 1-12.

Wulandari, N. F. (2014). Pengaruh Adversity Quotient Dan Prestasi Belajar Terhadap Efikasi Diri Mahasiswa di STIKES Madani Yogyakarta (Doctoral Dissertation, UNS (Sebelas Maret University)).

Published
2024-01-11
How to Cite
Sofyanty, D., Yanti, V. A., Ong, D., & Kusumandari, S. (2024). KECEMASAN MENGHADAPI DUNIA KERJA DITINJAU DARI KECERDASAN ADVERSITAS DAN EFIKASI DIRI PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR . AKSELERASI: Jurnal Ilmiah Nasional, 6(1), 19-28. https://doi.org/10.54783/jin.v6i1.880