PENGARUH KOMPETENSI DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

  • Suprihatin Lestariningsih Universitas Pertahanan Republik Indonesia
  • Susanti Widhiastuti Universitas IPWIJA Jakarta
Keywords: Kompetensi, Kinerja, Karyawan, Kepuasan Kerja

Abstract

Permasalahan dalam sebuah organisasi yakni kompeten dari sumber daya manusia dengan peran dan tugas untuk mendukung organisasi mencapai tujuannya. Sebuah organisasi, macam bentuknya yang tetap dibutuhkannya individu yang memiliki ragam potensi dalam mendukung kinerja yang diharapkan. Salah satunya perguruan tinggi, yang menjadi organisasi yang bergantung pada kinerja sumber daya manusianya yang menjadi bagian, termasuk pegawai yang memiliki peran, tugas, dan tanggungjawab dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional, yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa, meningkatkan kualitas manusia Indonesia, yang meliputi kualitas iman dan takwa, akhlak mulia, dan penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, serta mewujudkan masyarakat Indonesia yang maju, adil, makmur, dan beradab. Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan adalah kompetensi dan budaya organisasi terhadap kinerja karyawan pada suatu organisasi atau institusi. Pendekatan yang akan dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan analisis kuantitatif berdasarkan informasi statistika. Hasil dalam penlitian ini adalah pengaruh langsung kompetensi dan budaya organisasi terhadap kinerja pegawai lebih dominan bila dibandingkan dengan pengaruh tidak langsung kompetensi dan budaya organisasi terhadap kinerja pegawai melalui kepuasan kerja.

References

Alfian. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta.

Bairizki, A. (2020). Manajemen Sumbe Daya Manusia (Tinjauan Strategis Berbasis Kompetensi) Jilid I. Surabaya: Pustaka Aksara.

Fadli, R. (2022). Manajemen Sumber Daya Manusia di Dalam Perusahaan. Banten: Yayasan Bait Qur'any.

Harahap, K. (2023). Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Media Sains Indonesia.

Hasibuan, S. M., & Bahri, S. (2018). Pengaruh Kepemimpinan, Lingkungan Kerja dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja. Jurnal Ilmiah Magister Manajemen Homepage, 1(1), 71–80. https://doi.org/10.30596/maneggio.v1i1.2243

Hidayat, M. (2018). Manajemen Organisasi Sumber Daya Manusia. Malang: MNC Publishing.

Mangkunegara, A. A. A. P. (2018). Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Jakarta: Refika Aditama.

Nurfitriani. (2022). Manajemen Kinerja Karyawan. Makassar: Cendekia Publisher.

Pamungkas, I. B., & Imbron. (2021). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Widina Bhakti.

Permedi, R. H. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Kerja Karyawan. Jurnal Ilmu Manajemen, 7(4).

Pranogyo, A. B., Hamidah & Suyatno, T. (2022). Kinerja Karyawan Teori Pengkuruan dan Implikasi. Bandung: Feniks Muda Sejahtera.

Simbolon, S. (2021). Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan. Yogyakarta: Bintang Semesta Media.

Sinambela, L. P. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia (Membangun Tim Kerja yang Solid untuk Meningkatkan Kinerja). Jakarta: PT Bumi Aksara.

Wicaksana, S. A. (2021). Manajemen Pengembangan Talenta. Jakarta: DD Publishing.

Widodo, S. E. (2020). Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yusup. (2021). Sumber Daya Manusia Berbasis Kompetensi. Palembang: LD Media.

Published
2024-02-05
How to Cite
Lestariningsih, S., & Widhiastuti, S. (2024). PENGARUH KOMPETENSI DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. AKSELERASI: Jurnal Ilmiah Nasional, 6(1), 85-91. https://doi.org/10.54783/jin.v6i1.896