EFEKTIVITAS PELAYANAN PUBLIK DALAM MENINGKATKAN INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT DI KECAMATAN JATINANGOR KABUPATEN SUMEDANG PROVINSI JAWA BARAT

  • Raden Wijaya Institut Pemerintahan Dalam Negeri
  • Rezky Aprilia Institut Pemerintahan Dalam Negeri
Keywords: efektivitas, pelayanan publik, indeks kepuasan masyarakat

Abstract

Tingkat kepuasan masyarakat menjadi salah satu tolok ukur, apakah pelayanan yang diberikan dapat dikatakan baik atau tidak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengkaji efektivitas pelaksanaan Pelayanan Publik yang dilaksanakan oleh Kecamatan Jatinangor dalam meningkatkan indeks kepuasan masyarakat serta untuk mengetahui faktor apa saja yang memengaruhi indeks kepuasan masyarakat dalam meningkatkan efektivitas Pelayanan Publik di Kecamatan Jatinangor.

Metode yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan induktif. Ruang Lingkup Penelitian ini variabel bebas yang digunakan adalah Indeks Kepuasan Masyarakat dengan mengacu pada Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 25 Tahun 2004 tentang Pedoman Penyusunan IKM Unit Pelayanan Instansi Pemerintah. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi (Pengamatan), Wawancara, Dokumentasi dan Kuesioner. Data yang diperoleh dengan menggunakan wawancara dan kuesioner kemudian akan dianalisis menggunakan teknik skor dan persentase.

Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa masih dinilai kurang oleh masyarakat, yaitu penilaian terhadap kinerja aparat di kecamatan, ketepatan waktu juga biaya dalam mendapatkan pelayanan, keadilan mendapatkan pelayanan, serta kenyamanan dan keamanan dalam mendapatkan pelayanan. Hal ini diketahui berdasarkan beberapa indikator efektivitas yang digunakan untuk mengukur apakah sudah efektif pelaksanaan Pelayanan Publik di Kecamatan Jatinangor di antaranya, yaitu produktivitas, mutu atau kualitas, efisiensi, fleksibilitas dan kepuasan.

Published
2020-10-20
How to Cite
Raden Wijaya, & Rezky Aprilia. (2020). EFEKTIVITAS PELAYANAN PUBLIK DALAM MENINGKATKAN INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT DI KECAMATAN JATINANGOR KABUPATEN SUMEDANG PROVINSI JAWA BARAT. VISIONER : Jurnal Pemerintahan Daerah Di Indonesia, 12(3), 465-477. https://doi.org/10.54783/jv.v12i3.293