EFEKTIVITAS PEMANFAATAN DANA BANTUAN OPERASIONAL KELUARGA BERENCANA (BOKB) DALAM PELAKSANAAN PROGRAM KEPENDUDUKAN KELUARGA BERENCANA DAN PEMBANGUNAN KELUARGA DI KABUPATEN BIREUEN PROVINSI ACEH

  • 1. Muhammad Khalish, 2. Tjahya Supriatna, 3. H. Mansur 1) Pemerintah Kabupaten Bireuen Program Magister Terapan Studi Pemerintahan Daerah Institut Pemerintahan Dalam Negeri 2, 3) Institut Pemerintahan Dalam Negeri
Keywords: efektivitas, keluarga, berencana

Abstract

Pada era desentralisasi, komitmen Pemerintah Daerah Kabupaten dan Kota terhadap program KB mengalami penurunan. Hal ini terlihat dari rendahnya alokasi APBD dan minimnya dukungan sarana prasarana untuk program KKBPK. Kondisi ini menyebabkan sulitnya mencapai target yang sudah ditetapkan di dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) dan Rencana Kerja Pemerintah (RKP). Untuk mengatasi permasalahan tersebut, mulai tahun 2008, pemerintah pusat mengalokasikan dana transfer melalui DAK KB guna memenuhi sarana prasarana fisik tersebut. dalam pelaksanaan di lapangan terkait penggunaan dana Bantuan Operasional Keluarga Berencana (BOKB) pada program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) di Kabupaten Bireuen Provinsi Aceh terdapat beberapa kendala di antaranya Gampong KB masih sedikit dan rendahnya disiplin anggaran. Tujuan penelitian ini adalah:

  1. Mengetahui dan menganalisis Efektivitas Pemanfaatan Dana Bantuan Operasional Keluarga Berencana (BOKB) Dalam Pelaksanaan Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) di Kabupaten Bireuen Provinsi Aceh.
  2. Mengetahui dan menggambarkan faktor pendukung dan penghambat efektivitas Dana Bantuan Operasional Keluarga Berencana (BOKB) Dalam Pelaksanaan Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) di Kabupaten Bireuen Provinsi Aceh.
  3. Menemukan strategi untuk mengatasi penghambat efektivitas Dana Bantuan Operasional Keluarga Berencana (BOKB) Dalam Pelaksanaan Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) di Kabupaten Bireuen Provinsi Aceh.

Dalam penelitian ini menggunakan jenis atau metode penelitian kualitatif deskriptif yang digunakan untuk meneliti pada kondisi objek yang alamiah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan ditentukan dengan teknik purposive sampling dan kecuali masyarakat menggunakan simple random sampling.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Efektivitas Pemanfaatan Dana Bantuan Operasional Keluarga Berencana (BOKB) Dalam Pelaksanaan Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) di Kabupaten Bireuen Provinsi Aceh belum efektif dilihat dari laju pertumbuhan penduduk, % akseptor KB dan indeks pembangunan manusia. Meskipun ukuran tingkat efektivitas berupa produktivitas, efisiensi, adaptasi dan pengembangan dilakukan secara baik namun dari segi kepuasan secara kelompok dan tujuan untuk menyalurkan dana BOKB secara optimal belum merasa puas disebabkan belum dapatnya Kabupaten Bireuen memanfaatkan dana BOKB mendekati 100%.

Published
2020-10-20
How to Cite
1. Muhammad Khalish, 2. Tjahya Supriatna, 3. H. Mansur. (2020). EFEKTIVITAS PEMANFAATAN DANA BANTUAN OPERASIONAL KELUARGA BERENCANA (BOKB) DALAM PELAKSANAAN PROGRAM KEPENDUDUKAN KELUARGA BERENCANA DAN PEMBANGUNAN KELUARGA DI KABUPATEN BIREUEN PROVINSI ACEH. VISIONER : Jurnal Pemerintahan Daerah Di Indonesia, 12(3), 489-514. https://doi.org/10.54783/jv.v12i3.295