IMPLEMENTASI PELAYANAN PERIZINAN SECARA ONLINE MELALUI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PELAYANAN ADMINISTRASI TERPADU KECAMATAN (SIMPATEN/OSS) DI KECAMATAN BANDUNG KIDUL KOTA BANDUNG PROVINSI JAWA BARAT

  • Nanang Rohiatna Institut Pemerintahan Dalam Negeri
Keywords: implementasi kebijakan, pelayanan, perizinan, daring

Abstract

Inovasi dalam kebijakan pelayanan publik berbasis e-government ditujukan untuk memberikan pelayanan pada masyarakat yang lebih berkualitas. Pelayanan perizinan secara online dengan SIMPATEN/OSS di Kecamatan Bandung Kidul ternyata belum berjalan dengan baik, hal ini dilihat dari sedikitnya masyarakat yang melakukan permohonan izin sesuai kebijakan Wali Kota Bandung.

Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis Implementasi Kebijakan Pelayanan Perizinan Secara Online dengan Sistem Informasi Manajemen Pelayanan Administrasi Terpadu (SIMPATEN/OSS). Metode penelitian yang penulis gunakan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data: observasi, wawancara, dokumentasi dan penentuan informan menggunakan snowball sampling.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kebijakan sudah terlaksana dengan baik namun masih adanya Kendala-dendala dalam pelaksanaan implementasi kebijakan, sehingga pelayanan pada masyarakat belum tercapai dan diperlukan juga evaluasi kebijakan secara periodik.

Published
2020-10-20
How to Cite
Nanang Rohiatna. (2020). IMPLEMENTASI PELAYANAN PERIZINAN SECARA ONLINE MELALUI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PELAYANAN ADMINISTRASI TERPADU KECAMATAN (SIMPATEN/OSS) DI KECAMATAN BANDUNG KIDUL KOTA BANDUNG PROVINSI JAWA BARAT. VISIONER : Jurnal Pemerintahan Daerah Di Indonesia, 12(3), 515-538. https://doi.org/10.54783/jv.v12i3.296