STRATEGI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENGEMBANGAN DESA WISATA DI DESA RAWABOGO KECAMATAN CIWIDEY KABUPATEN BANDUNG PROVINSI JAWA BARAT

  • Agus Supriatna Institut Pemerintahan Dalam Negeri
Keywords: pemberdayaan masyarakat, pengembangan desa wisata, dan kesejahteraan masyarakat

Abstract

Penelitian ini mengambil fokus pada strategi pemberdayaan masyarakat melalui Pengembangan Desa Wisata Rawabogo. Tujuan penelitian yang penulis sajikan adalah untuk menganalisis faktor-faktor penghambatnya dan untuk mengetahui upaya yang dilakukan dalam menangani faktor-faktor penghambat.

Metode yang penulis digunakan, yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, teknis pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan analisis peninjauan literature dengan menggunakan analisis SWOT untuk mencari strategi yang akan digunakan. Hasil penelitian terdapat alternatif strategi agar dapat dilaksanakan dan direkomendasikan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Bandung maupun Pemerintah Desa Rawabogo, yaitu: keasrian alam, Penampilan kesenian dan kebudayaan masyarakat Desa Rawabogo. Dengan harapan Pemerintah Kabupaten Bandung agar memberikan dukungan terhadap pemberdayaan masyarakat Desa Rawabogo dan segera menerbitkan Keputusan Bupati Bandung tentang penetapan Desa Rawabogo menjadi Desa Wisata.

Manfaat adanya penguatan sumber daya manusia dengan mengikuti Pendidikan dan Pelatihan yang berkelanjutan bagi masyarakat Desa Rawabogo agar pemberdayaan masyarakat lebih optimal dan peningkatan kesejahteraan masyarakat semakin meningkat.

Published
2020-10-20
How to Cite
Agus Supriatna. (2020). STRATEGI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENGEMBANGAN DESA WISATA DI DESA RAWABOGO KECAMATAN CIWIDEY KABUPATEN BANDUNG PROVINSI JAWA BARAT. VISIONER : Jurnal Pemerintahan Daerah Di Indonesia, 12(3), 561-578. https://doi.org/10.54783/jv.v12i3.300