ETIKA PEGAWAI DALAM PELAYANAN PUBLIK DI KECAMATAN KONDA KABUPATEN KONAWE SELATAN PROVINSI SULAWESI TENGGARA

  • 1. Saprudin, 2. Kusworo, 3. Deti Mulyati 1) Institut Pemerintahan Dalam Negeri Kampus Sulawesi Selatan Program Magister Terapan Studi Pemerintahan Daerah Institut Pemerintahan Dalam Negeri 2, 3) Institut Pemerintahan Dalam Negeri
Keywords: etika pegawai, komitmen, perilaku, moral

Abstract

Etika dapat dijadikan pedoman, referensi, petunjuk tentang apa yang harus dilakukan pegawai sebagai aparat birokrasi (administrasi negara) serta dapat juga digunakan sebagai standar penilaian apakah perilaku pegawai dapat dikatakan baik atau buruk dalam menjalankan tugas dan kewenangannya. Sehingga pegawai harus mampu menempatkan kepentingan publik di atas kepentingan pribadi.

Berkaitan dengan hambatan tersebut, penulis selanjutnya memfokuskan penelitian pada topik tadi dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu wawancara, dokumentasi dan observasi. Sedangkan proses menganalisis data dengan tahapan analisisnya, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis diperoleh simpulan bahwa etika pegawai dalam pelayanan publik di Kecamatan Konda Kabupaten Konawe Selatan masih jauh dari harapan pada umumnya. karena ketidakpuasan masyarakat dengan seorang ASN yang memberikan pelayanan yang seharusnya. munculnya diskriminasi dalam pelayanan masyarakat serta perbedaan dalam sikap terhadap pengguna layanan masyarakat pada umumnya. Ada beberapa elemen yang memengaruhi etika Pegawai dalam pelayanan publik, bahwa komitmen Pegawai dalam mewujudkan visi dan misi organisasi serta memberikan pelayanan yang terbaik, sikap dan perilaku Pegawai dan moral Pegawai dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat pengguna layanan.

Dalam rangka untuk lebih meningkatkan etika Pegawai dalam pelayanan publik, penulis mengusulkan saran untuk memberikan bimbingan moral pada pemahaman prinsip-prinsip etika pemerintahan dalam setiap individu Pegawai ASN, sehingga tumbuh rasa tanggung jawab, disiplin dalam melaksanakan tugas, dan nondiskriminatif dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Published
2020-10-20
How to Cite
1. Saprudin, 2. Kusworo, 3. Deti Mulyati. (2020). ETIKA PEGAWAI DALAM PELAYANAN PUBLIK DI KECAMATAN KONDA KABUPATEN KONAWE SELATAN PROVINSI SULAWESI TENGGARA. VISIONER : Jurnal Pemerintahan Daerah Di Indonesia, 12(3), 605-614. https://doi.org/10.54783/jv.v12i3.303